Inilah Alasannya Mengapa Virus Zika Bisa Mematikan

Advertisement

Sebelum wabah Zika terjadi, tidak banyak yang diketahui mengenai virus ini. Akibatnya para ilmuwan belum sepenuhnya memahami cara virus ini bekerja di tubuh manusia. Para ilmuwan menyadari bahwa virus Zika bisa menimbulkan sederet masalah, mulai dari cacat pada kelahiran yang dinamakan microcephaly hingga masalah saraf misalnya sindroma Guillain-Barré. Akan tetapi para ilmuwan belum mengetahui jenis protein mana pada virus Zika yang menyebabkan masalah-masalah pada manusia tersebut.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Sekolah Kedokteran Universitas Maryland di Amerika Serikat untuk pertamakalinya berhasil mengidentifikasi 7 protein di virus Zika yang berpotensi menyebabkan masalah-masalah pada manusia. Virus Zika telah menginfeksi ratusan ribu orang di seluruh dunia, belum ada vaksin atau terapi guna mencegah atau menangani infeksi virus Zika.

Untuk menguji virus Zika, tim ilmuwan menggunakan sejenis sel ragi, yakni Schizosaccharomyces pombe. Sel ragi ini umum digunakan untuk mengetes bagaimana mikroorganisme patogen mempengaruhi sel. Pada penelitian ini, tim ilmuwan memisahkan 14 protein yang berasal dari virus Zika dan mengujikannya pada sel ragi guna melihat respon sel terhadap infeksi. Hasilnya cukup mengejutkan, ditemukan bahwa 7 dari 14 jenis protein ini mampu merusak sel ragi, menghambat pertumbuhannya, atau malah membunuhnya. Kini para ilmuwan tengah fokus kepada 7 protein yang berasal dari virus Zika ini dan mengujikannya pada sel hewan dan manusia guna mengetahui responnya terhadap infeksi, harapannya agar ditemukan cara untuk mencegah atau mengobati infeksi Zika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *