Inilah Alasannya Mengapa Pembatasan Kalori dapat Memperpanjang Umur

Advertisement

Pembatasan asupan kalori yang berasal dari makanan sehari-hari telah lama digunakan sebagai salah satu metode untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif. Akan tetapi belum ada penjelasan yang memuaskan mengenai mekanisme mengapa pembatasan kalori dapat memperpanjang umur. Baru-baru ini para ahli mengusulkan mekanisme yang dapat menjelaskan hal ini.

Ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk diubah menjadi energi, maka tubuh akan membakar lemak yang tersimpan sebagai energi alternatif. Proses ini akan menhasilkan badan keton. Para ahli percaya bahwa badan keton ada hubungannya dengan umur seseorang. Banyak penyakit, misalnya keganasan, resistensi insulin, dan kelemahan otot telah terbukti berkurang dengan adanya metabolisme badan keton.

Badan keton akan terbentuk di tubuh dalam kondisi puasa dan pembatasan asupan kalori. Senyawa ini dihasilkan ketika tubuh tidak mendapat cukup karbohidrat. Terdapat tiga senyawa yang menyusun badan keton, yaitu aseton, asam asetoasetat, dan asam beta hidroksibutirat.

Referensi:

Richard L. Veech, Patrick C. Bradshaw, Kieran Clarke, William Curtis, Robert Pawlosky, M. Todd King. Ketone bodies mimic the life span extending properties of caloric restriction. IUBMB Life, 2017; 69 (5): 305

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *