Inilah 3 Vaksin Baru dari Kemenkes di 2017

Advertisement

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menambah 3 vaksin baru untuk program imunisasi dasar. Ketiga vaksin itu adalah vaksin MR (measles rubella), HPV, dan Pneumococcus. Vaksin MR akan menggantikan vaksin campak, dan vaksin Pneumococcus untuk perlindungan terhadap infeksi pernafasan.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, M Subuh, di Indonesia sudah ada 8 jenis vaksin yang termasuk program imunisasi dasar. Penambahan 3 vaksin baru ini dalam rangka untuk menyejajarkan Indonesia dengan negara lain, khususnya di Eropa yang sudah memiliki 14 vaksin paket imunisasi dasar lengkap. Menurut M Subuh, program penambahan vaksin baru akan terus dilakukan hingga tahun 2025 untuk mengejar target ini.

Ketiga vaksin tersebut sudah diujikan di beberapa negara, Indonesia tinggal menggunakannya saja. Selain program pengembangan vaksin baru, Kemenkes juga berencana untuk membuat pusat pemantauan penyekit epidemi, mirip seperti CDC di Amerika Serikat. Nantinya lembaga ini akan memantau selama 24 jam penyakit apa saja yang menjangkiti penduduk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *