Ingin Terhindar dari Rheumatoid Arthritis? Konsumsi Ikan Saja!

Advertisement

Ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Baru-baru ini para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi ikan minimal dua kali seminggu dapat mengurangi gejala rheumatoid arthritis. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Arthritis Care & Research. Data diambil dari 176 orang penderita rheumatoid arthritis dalam sebuah penelitian kohort.

Para peserta penelitian dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan frekuensi makan ikan dalam setahun terakhir. Jenis ikan yang dimakan tidak diidentifikasi. Sistem skoring DAS28-CRP digunakan untuk menilai gejala rheumatoid arthritis di antara peserta penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta penelitian yang mengkonsumsi ikan lebih dari dua kali seminggu menunjukkan penurunan gejala rheumatoid arthritis dibandingkan dengan peserta penelitian yang tidak pernah makan ikan atau makan ikan kurang dari sekali sebulan. Hal ini dibuktikan dengan nilai skor DAS28-CRP yang lebih rendah 0,49 poin.

Rheumatoid arthritis, atau yang lebih dikenal dengan penyakit radang sendi adalah penyakit kronis dimana sistem kekebalan tubuh malah menyerang persendian, menyebabkan radang, pembengkakan, dan nyeri. Rheumatoid arthritis dapat menyerang semua sendi, namun paling banyak menyerang sendi pada tangan. Seiring dengan waktu, radang sendi ini dapat merusak kartilago, yang merupakan jaringan penghubung yang melindungi ujung tulang. Hal ini dapat menyebabkan perubahan bentuk sendi dan pada akhirnya menyebabkan masalah dalam bergerak.

Menurut data Arthritis Foundation, sekitar 1,5 juta orang di Amerika Serikat menderita penyakit radang sendi ini. Belum ada obat yang dapat menuntaskan rheumatoid arthritis, namun gejalanya dapat dikurangi dengan pengubahan gaya hidup, pemberian obat-obatan, dan pada beberapa kasus dapat dilakukan pembedahan. Beberapa terapi tersebut dapat pula menghambat perkembangan penyakit.

Referensi:

Tedeschi, S.K., Bathon, J.M., Giles, J.T., Lin, T.-C., Yoshida, K., dan Solomon, D.H., n.d. The relationship between fish consumption and disease activity in rheumatoid arthritis. Arthritis Care & Research, n/a-n/a.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *