Delapan Buah Penurun Berat Badan

Advertisement

Buah-buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun sudahkah anda mengetahui fakta bahwa ternyata beberapa jenis buah dapat membantu menurunkan berat badan? Buah-buahan ini mengandung lebih banyak serat dan pektin, kedua zat ini merupakan pembakar lemak alami dan dapat mempercepat laju metabolisme. Beberapa buah juga memiliki kandungan gula yang lebih sedikit daripada buah-buahan lainnya, sehingga dapat dijadikan makanan untuk menurunkan berat badan. Berikut ini adalah buah-buahan yang dapat menurunkan berat badan:

1. Apel
Apel memiliki kandungan serat yang tinggi, namun rendah kalori. Selain itu apel juga mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Apel sangat ideal untuk dijadikan buah penurun berat badan.

2. Pir
Buah yang rasanya agak asam bercampur manis ini berisi banyak serat, bahkan tergolong salah satu buah yang kandungan seratnya paling tinggi. Serat yang terkandung dalam buah pir akan membuat perut terasa kenyang. Selain sebagai penurun berat badan, buah pir juga bermanfaat sebagai penurun kadar kolesterol. Buah pir juga memiliki kandungan kalium yang tinggi.

3. Pisang
Pisang banyak dijumpai di lingkungan kita, di pasar maupun di supermarket. Buah pisang memiliki kandungan serat dan kalium yang tinggi. Buah pisang juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin B6 tinggi, bahkan satu buah pisang dapat mencukupi sekitar 30 persen kebutuhan harian vitamin B6. Vitamin B6 bermanfaat untuk memacu sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Blueberry
Buah blueberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Blueberry bermanfaat untuk melawan faktor-faktor yang menyebabkan penyakit metabolik, artinya buah ini dapat mencegah resistensi insulin, penyakit hipertensi, obesitas, dan kolesterol.

5. Strawberry
Buah mungil yang rasanya asam bercampur sedikit manis ini adalah buah penurun berat badan yang ideal. Buah strawberry memacu produksi hormon adiponektin dan leptin, keduanya merupakan hormon yang berperan sebagai pembakar lemak dan pemacu metabolisme tubuh. Strawberry juga mengandung enzim-enzim antiinflamasi yang berperan meredakan peradangan tubuh dan memperbaiki kerusakan jaringan.

6. Kiwi
Kiwi berisi banyak serat tak larut di bijinya. Biji buah kiwi yang bentuknya hitam kecil ini dapat membantu proses pencernaan. Selain berisi serat tak larut di bijinya, buah kiwi juga berisi serat yang larut, sehingga membuat anda merasa kenyang.

7. Delima
Buah delima mengandung senyawa antioksidan polifenol yang dapat memacu proses metabolisme tubuh. Selain itu, buah yang bijinya berwarna merah ini juga mampu menghambat timbunan lemak di pembuluh darah arteri dan mampu menuurunkan nafsu makan.

8. Pepaya
Buah yang rasanya manis ini mengandung enzim khusus yang dapat mempercepat proses pencernaan. Selain itu buah pepaya juga merupakan sumber antioksidan karoten, vitamin C, dan senyawa flavonoid yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *