Daftar Makanan yang Mempengaruhi Fungsi Ginjal

Advertisement

Fungsi utama ginjal adalah untuk menghilangkan racun dari tubuh yang terdapat dalam darah, ginjal juga berperan untuk membuang limbah yang tidak digunakan oleh tubuh melalui urin. Menjaga kesehatan ginjal adalah sangat penting mengingat fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh kita.

Semua orang yang ingin memelihara kesehatan ginjal atau memiliki masalah ginjal atau kelemahan yang perlu menyertakan perawatan, hendaknya mengikuti diet yang akan membantu untuk memperkuat dan menghilangkan komplikasi di masa depan. Berikut adalah daftar makanan yang hendaknya dimasukkan dalam diet Anda untuk menjaga kesehatan ginjal.

Makanan yang harus dibatasi atau dihindari:
Protein: semua makanan yang memberikan upaya ekstra untuk ginjal. Sebagai contoh, konsumsi tinggi protein benar-benar berbahaya untuk ginjal, terutama protein hewani. Jadi, Anda harus membatasi atau menghindari (terutama jika ginjal lemah) konsumsi daging, susu, keju, telur, dll.

Gula, lemak dan makanan olahan (pada penderita diabetes dan orang-orang dengan kolesterol tinggi): jika Anda memiliki kolesterol tinggi, maka Anda tahu bahwa ginjal Anda dapat rusak atau melemah, yang dapat menyebabkan masalah ginjal. Jadi jika ini adalah kasus Anda, Anda harus moderat asupan protein, lemak, gula rafinasi, dan roti putih.

Kalium: asupan tinggi kalium dapat berbahaya, terutama jika ginjal Anda sudah lemah untuk kondisi apapun. Kalium terdapat pada pisang dan kacang-kacangan.

Garam: kurangi asupan garam Anda, terutama jika Anda menderita hipertensi, karena kondisi ini dapat merusak organ seperti ginjal. Kelebihan asupan garam menyebabkan peningkatan tekanan darah yang lebih merugikan ginjal. Sosis, acar, makanan ringan, dll, adalah contoh makanan yang mengandung jumlah garam yang tinggi.

Pada kasus batu ginjal: secara umum, Anda harus menghindari alkohol, teh, dan kopi, tetapi diet Anda juga harus disesuaikan sesuai dengan jenis batu yang Anda miliki. Pada kasus asam urat, hindari daging hewan terutama daging merah, hati, otak, sosis, dll. Anda juga harus menghindari cokelat, dan bayam. Jika jenis batu ginjalnya adalah batu kalsium oksalat: yang terbaik bagi Anda adalah diet kaya buah-buahan dan sayuran, dan membatasi atau mengurangi konsumsi pasta, roti, kentang, permen dan semua produk yang mengandung gula rafinasi.

Jika terdapat insufisiensi ginjal: hindari protein hewani kecuali keju. Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak, baik hewani dan nabati.

Makanan yang harus ditingkatkan asupannya:

Minum air putih dapat menyehatkan ginjal karena membantu menghilangkan racun berbahaya dan lemak dari dalam tubuh. Anda harus minum tiap hari minimal 2 liter air putih, tapi jika Anda makan protein tinggi atau makanan asin, Anda harus menambahkan dua gelas air putih lagi. Jika Anda ingin memperoleh ginjal yang sehat, bebas dari infeksi dan penyakit, air minum adalah dasarnya. Beberapa orang dengan masalah tidak bisa buang air kecil dan sangat bengkak akibat timbunan air di dalam tubuh harus membatasi minumnya.

Semangka: buah semangka menyehatkan ginjal karena kandungan air yang tinggi dan membantu membersihkan jaringan dan darah. Pilihlah semangka segar, yang masih mengandung air. Bila semangka disimpan terlalu lama maka kandungan airnya berkurang.

Buah-buahan yang bersifat diuretik: misalnya anggur, apel, nanas, dll. Buah-buahan ini sama fungsinya dengan semangka.

Wortel: sayuran yang sangat baik bagi ginjal. Wortel bermanfaat untuk membersihkan, membantu memulihan dan memelihara jaringan ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *