Cara Kreatif Membujuk Anak Minum Obat

Advertisement

Anak yang sakit seringkali susah untuk minum obat. Obat yang rasanya pahit akan terasa sangat tidak mengenakkan bagi si kecil. Bila anak tidak mau minum obat, tentunya orang tua menjadi bingung, apalagi bila obatnya adalah obat antibiotika yang memang wajib diminum supaya penyakit anak lekas sembuh. Untuk itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membujuk akan agar mau minum obat.

Cara yang pertama adalah dengan membacakan dongeng kepada si kecil, ketika cerita dongeng sedang berlangsung dan anak larut dengan ceritanya, segera berikan obatnya. Cerita dongeng dapat diganti dengan menonton film kesukaan anak, sambil diberikan obatnya ketika anak larut dengan cerita film tersebut. Cara kedua adalah dengan mengandaikan bahwa boneka kesayangan anak sedang sakit juga, kemudian bonekanya pura-pura diberi obat. Setelah giliran boneka yang pura-pura diberi obat, anak pun jangan ketinggalan, katakan kepada si kecil bahwa harus setia kawan dengan bonekanya.

Kue kesukaan anak juga bisa menjadi senjata ampuh untuk membujuk anak supaya mau minum obat. Sediakan kue tersebut untuk dimakan setelah minum obat. Katakan kepada si kecil bahwa kue kesukaannya hanya tersedia saat minum obat. Dengan cara ini beberapa anak malah akan menanti jadwal minum obatnya. Obat bentuk puyer yang rasanya pahit dapat diberi tambahan gula pasir supaya rasanya disukai anak. Cara lainnya adalah dengan mengajak anak ke luar rumah, misalnya halaman untuk minum obat sambil melihat suasana luar rumah. Anda dapat menggunakan pula cara kombinasi dengan menggabungkan beberapa metode di atas, tergantung kondisi. Perlu diingat agar jangan sampai memaksa anak untuk minum obat karena akan membuat trauma, apalagi bila disertai ancaman. Berikan obat dengan wajah ceria dan tulus. Biasakan pula untuk memuji anak bila telah minum obat, ini akan membuat anak merasa senang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *