Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Nasi?

Advertisement

Diabetes adalah penyakit dimana tubuh tidak mampu menghasilkan atau menggunakan insulin. Insulin berperan penting untuk memasukkan gula ke dalam sel guna menghasilkan energi. Terdapat dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penderita diabetes biasanya memiliki kadar gula darah yang tinggi. Hal ini dapat merusak banyak organ di tubuh bila tidak ditangani segera. Pengobatan diabates meliputi pola makan yang tepat, olahraga teratur, dan minum obat-obatan bila diperlukan.

Pola makan yang tepat merupakan salah satu cara penting untuk menjaga kadar gula darah agar selalu normal, yaitu antara 80-130 mg/dL sebelum makan atau di bawah 180 mg/dL setelah makan menurut kriteria American Diabetes Association (ADA). Karbohidrat adalah sumber energi penting bagi tubuh. Zat ini ditemukan pada makanan berpati dan makanan yang mengandung gula, contohnya antara lain kacang-kacangan, sayuran, polong-polongan, buah-buahan, produk olahan susu, dan permen. Karbohidrat akan diubah menjadi gula di dalam tubuh oleh sistem pencernaan, ketika gula masuk ke dalam aliran darah, maka tubuh akan menghasilkan insulin. Insulin merupakan hormon yang berperan memasukkan gula ke dalam sel untuk memberi energi kepada sel. Dengan dimasukkannya gula ke dalam sel, maka kadar gula di dalam darah akan turun.

Oleh karena pada penderita diabetes terdapat gangguan untuk menghasilkan atau memanfaatkan insulin, maka gula tidak maksimal dimasukkan ke dalam sel sehingga kadar gula darah akan tetap tinggi. Penderita diabetes perlu mengatur asupan karbohidrat agar gula darahnya tetap terjaga normal. Menurut rekomendasi ADA, asupan karbohidrat bagi penderita diabetes adalah 45-60 gram per makan, tentunya asupan ini bervariasi tergantung jenis kelamin serta target kadar gula darah. Terdapat tiga jenis karbohidrat yakni pati, gula, dan serat. Khusus untuk serat, karena tidak dicerna oleh tubuh maka tidak menaikkan kadar gula darah, dan dapat membantu melambatkan proses pencernaan makanan, hal ini membantu menjaga agar kadar gula darah tidak melonjak. Disarankan untuk mengkonsumsi serat antara 20-35 gram per hari.

Nasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Penderita diabetes tetap boleh makan nasi, namun jangan terlalu banyak. Sepertiga cangkir nasi mengandung 15 gram karbohidrat. Jumlah ini adalah seperempat atau sepertiga dari jumlah karbohidrat yang disarankan per makan, bila targetnya adalah 45-60 gram karbohidrat per makan. Beberapa jenis nasi berbeda satu sama lainnya dalam hal indeks glikemiknya. Indeks glikemik mengukur seberapa cepat makanan dicerna menjadi gula dan diserap tubuh. Makanan yang berindeks glikemik tinggi lebih cepat meningkatkan kadar gula darah dan sebaiknya dimakan dalam porsi sedikit, atau dimakan dengan makanan berindeks glikemik rendah. Nasi putih memiliki indeks glikemik lebih tinggi dibandingkan nasi coklat. Penderita diabetes sebenarnya boleh makan nasi putih, namun asupannya dibatasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *