Antibiotika Mengurangi Kemampuan Sel Kekebalan Tubuh untuk Membunuh Bakteri

Advertisement

Antibiotika normalnya bekerja sejalan dengan sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan infeksi. Akan tetapi antibiotika juga memiliki efek samping yang luas, salah satunya yaitu menghilangkan bakteri baik yang juga berperan memerangi patogen. Sebuah penelitian baru yang diadakan oleh tim ilmuwan dari Broad Institute of MIT and Harvard, MIT, dan Wyss Institute for Biologically Inspired Engineering menunjukkan bahwa antibiotika dapat pula mengurangi kemampuan sel kekebalan tubuh guna melawan bakteri. Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal Cell Host & Microbe.

Guna menghadapi semakin berkembangnya resistensi terhadap antibiotika, maka pengetahuan mengenai berbagai pengaruh antibiotika menjadi topik yang sangat penting. Antibiotika jenis tertentu telah terbukti mampu merusak mitokondria pada tikus dan juga pada sel epitel manusia. Kerentanan bakteri terhadap antibiotika dipengaruhi oleh molekul kecil yang dinamakan metabolit, yang dilepaskan dari sel sebagai hasil antara dari reaksi metabolik. Tim ilmuwan menduga bahwa terapi menggunakan antibiotika dapat mengubah lingkungan mikro infeksi yang berpengaruh terhadap bakteri dan sel kekebalan tubuh.

Guna meneliti hal ini, tim ilmuwan menginfeksi tikus percobaan dengan bakteri E coli, kemudian tikus diberi antibiotika ciprofloxacin. Tim ilmuwan menemukan bahwa antibiotika menimbulkan perubahan sistemik pada metabolit, tidak dengan mempengaruhi mikrobiom namun dengan aksi langsung pada jaringan tubuh tikus. Investigasi lebih lanjut menyatakan bahwa metabolit yang dilepaskan oleh sel-sel pada tikus membuat bakteri E coli lebih resisten terhadap ciprofloxacin. Paparan terhadap antibiotika juga mengganggu fungsi kekebalan tubuh dengan cara menghambat aktivitas respiratorik sel kekebalan tubuh. Makrofag yang terkena paparan ciprofloxacin kurang dapat membunuh bakteri E. coli.

Referensi:

Jason H. Yang, Prerna Bhargava, Douglas McCloskey, Ning Mao, Bernhard O. Palsson, James J. Collins. Antibiotic-Induced Changes to the Host Metabolic Environment Inhibit Drug Efficacy and Alter Immune Function. Cell Host & Microbe, 2017; DOI: 10.1016/j.chom.2017.10.020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *