Anak Anda Kurang Tidur? Waspadai Risiko Diabetes!

Advertisement

Di Amerika Serikat, satu dari tiga orang diperkirakan menderita diabetes tipe 2. Penyakit ini menyerang pria maupun wanita pada semua kelompok umur. Menurut data terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sekitar 5000 orang berusia muda didiagnosis diabetes tipe 2 setiap tahunnya.

Para ilmuwan dari St. George’s, University of London mengadakan penelitian untuk mengetahui kaitan potensial antara durasi waktu tidur dengan risiko terjadinya diabetes tipe 2 pada anak-anak. Hasil penelitiannya diterbitkan di jurnal Pediatrics. Kaitan antara durasi tidur dengan diabetes tipe 2 belum cukup diteliti selama ini.

Tim ilmuwan memeriksa data 4.525 anak yang berasal dari berbagai etnis, berumur antara 9-10 tahun. Data dasar yang diperiksa adalah tinggi badan, berat badan, tekanan darah, kadar glukosa darah, lemak, insulin, dan HbA1c. Data mengenai durasi waktu tidur diperoleh dari informasi yang diberikan oleh anak, yakni waktu dimana mereka tidur malam hari dan bangun di pagi hari.

Rata-rata, anak-anak tersebut tidur selama 10,5 jam per malam. Tidak ada kaitan antara durasi waktu tidur dengan faktor risiko kardiovaskular, namun ada hubungan antara waktu tidur dengan kadar lemak darah. Semakin singkat waktu tidurnya, semakin tinggi kadar lemak di dalam darahnya. Beberapa penelitian sebelumnya juga telah menemukan hubungan ini, namun ada hal yang baru diketahui oleh tim ilmuwan, yakni pengaruh waktu tidur terhadap kadar gula darah dan resistensi insulin.

Ditemukan bahwa kurangnya waktu tidur selama 1 jam pada anak ternyata secara signifikan meningkatkan faktor risiko diabetes tipe 2, seperti kadar gula darah dan resistensi insulin. Ditemukan pula bahwa penambahan waktu tidur selama 30 menit dapat mengurangi indeks massa tubuh sebesar 0,1 kg/m persegi dan mengurangi resistensi insulin. Menanggapi hal ini CDC menyarankan agar anak berumur 6-12 tahun hendaknya tidur selama 9-12 jam setiap malamnya.

Referensi:

Rudnicka, A.R., Nightingale, C.M., Donin, A.S., Sattar, N., Cook, D.G., Whincup, P.H., dkk., 2017. Sleep Duration and Risk of Type 2 Diabetes. Pediatrics, e20170338.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *