Almond Membantu Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Advertisement

Kolesterol HDL (high density lipoprotein), atau yang sering dikenal dengan istilah kolesterol baik akan meningkat kadarnya ketika seseorang mengkonsumsi almond secara rutin. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition menyatakan bahwa orang yang terbiasa makan almond memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak makan almond. Di dalam tubuh, kolesterol HDL akan membantu mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

HDL memiliki ukuran molekul kecil ketika dilepaskan menuju sirkulasi darah. Setelah berkeliling di sirkulasi darah, molekul HDL akan semakin membesar dengan mengikat kolesterol dari dalam sel dan jaringan, kemudian dibawa menuju hati untuk dipecah. Berdasarkan berapa banyak kolesterol yang diikat, HDL dibagi menjadi lima subpopulasi, dari ukuran terkecil hingga terbesar.

Pada penelitian baru ini, tim ilmuwan meneliti 48 pria dan wanita yang mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL). Selama periode 6 minggu, mereka diberi makanan yang sama, kecuali snack harian. Salah satu kelompok peserta penelitian diberi snack berupa 43 gram almond. Selama periode kontrol, kelompok ini juga mendapat snack kue muffin pisang. Setelah periode diet selesai, tim ilmuwan mengambil data berupa kadar HDL dan fungsionalitasnya untuk dibandingkan dengan data awal. Ditemukan bahwa kadar HDL meningkat pada periode diet almond dibandingkan dengan diet kontrol. Sementara itu molekul HDL juga berukuran maksimal. Hal ini dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler. Menganggapi hasil penelitian ini, tim ilmuwan menyarankan untuk menjadikan almond sebagai salah satu snack harian untuk menjaga kadar kolesterol.

Referensi:

Berryman, C.E., Fleming, J.A., dan Kris-Etherton, P.M., 2017. Inclusion of Almonds in a Cholesterol-Lowering Diet Improves Plasma HDL Subspecies and Cholesterol Efflux to Serum in Normal-Weight Individuals with Elevated LDL Cholesterol. The Journal of Nutrition, 147: 1517–1523.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *